Kumpulan Cerpen

Kumpulan Cerpen Yunior Suara Merdeka, Kumpulan Cerita Pendek Anak, Kumpulan Dongeng Anak, Bahan Mendongeng Untuk Anak, Cerita Edukasi

Tak Lagi Dag Dig Dug Hadapi Ujian

Kumpulan Cerita Pendek Anak, Kumpulan Dongeng Anak, Bahan Mendongeng Untuk Anak, Cerita Edukasi, Kumpulan Puisi - Ujian sekolah hampir tiba. Yap, saat yang menegangkan itu tinggal menghitung hari. Huff deg degan deh. Sebagai murid sekolah, ujian atau ulangan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Pada dasarnya, hal itu dilakukan untuk menguji atau mengulang materi pelajaran yang sudah diajarkan oleh bapak-ibu guru. Lewat ujian, para guru jadi tahu sejauh mana murid-murid bisa menyerap pelajaran yang telah mereka berikan.

Walaupun bertujuan baik, ternyata masih banyak murid yang takut menghadapi ujian. Padahal ujian itu ada untuk dihadapi, bukan untuk ditakuti. Nah, supaya tidak dag dig dug menghadapi ujian, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, lo.

Pertama, kamu harus sehat secara fisik supaya tidak loyo ketika mengerjakan soal ujian. Jauh-jauh hari sebelum ujian, usahakan jangan makan jajan sembarangan atau melakukan kegiatan yang bisa bikin badan lemas. Misalnya bersepeda saat sedang hujan atau bermain sepak bola sampai larut malam. Kamu tidak mau kan kalau konsentrasi mengerjakan soal jadi buyar karena kondisi badan tidak sehat?

Dua siswi SD Lamper Kidul 02 Semarang, Rizka Ayu Adeliya dan Nindya Ayu Adeliya termasuk yang jauh hari menjaga kesehatan agar fit saat ujian. Meski kembar, ternyata mereka punya cara berbeda untuk menghadapi ujian. Kalau Rizka mengurangi jatah bermain supaya tidak terlalu capai, Nindya justru punya tips sendiri.

"Supaya semangat terus, aku memperbanyak porsi makanku," kata Nindya. Saran dari Nindya boleh dicoba tuh, Kawan. Tapi usahakan selalu makan makanan bergizi, ya. Selanjutnya, kamu harus mempersiapkan materi ujian dengan baik. Hal itu bisa dilakukan dengan bermacam cara. Contohnya belajar tiap malam, belajar kelompok atau bisa juga dengan ikut les pelajaran.

Belajar tiap malam penting dilakukan karena sebenarnya belajar itu tidak hanya dilakukan saat akan ujian. Kalau setiap hari terbiasa mengulang pelajaran yang diberikan guru di kelas, dijamin deh ujian tidak akan jadi beban. Demi menghadapi ujian, Muhammad Aji Chaidir pun rela "mengalah" untuk mengubah pola belajarnya. Yang tadinya bersantai tiap malam, ia ganti menjadi memperbanyak belajar.

"Kalau sedang ujian, aku belajar tiap malam. Tapi di hari-hari biasa, aku belajarnya kalau ada tugas doang. Hehehe....," ucap Aji jahil. Buat yang suka belajar ramai-ramai, kamu bisa menyiapkan ujianmu dengan melakukan belajar kelompok. Rasanya pasti seru kalau belajar ditemani kawan-kawanmu yang lain. Materi yang sulit pun akan terasa menyenangkan kalau dipelajari secara bersama-sama. Setuju? Ikut Les

Ada juga nih yang menyiapkan ujian dengan ikut les pelajaran. Seperti Rizka dan Nindya. Menjelang ujian, mereka menambah porsi belajar dengan mengikuti les.

"Aku rajin ikut les tambahan supaya gampang menghadapi soal ujian," cerita Rizka yang duduk di kelas IID ini.

Selanjutnya, kamu harus membuang jauhjauh perasaan stres menghadapi ujian. Jangan membayangkan soal ujian yang sukit atau terlalu khawatir bakal mendapatkan hasil yang nggak maksimal. Lebih baik kamu berpikir positif supaya percaya diri menghadapi soal-soal ujian. Jaga kesehatan, sudah. Belajar giat, sudah.

Membuang kekhawatiran soal ujian juga sudah. Lalu apalagi yang perlu dipersiapkan, ya? Setelah semua sudah dilakukan dengan maksimal, kamu tinggal memperbanyak berdoa agar lancar mengerjakan ujian.

Terakhir dan tidak boleh terlewat adalah meminta restu dari orang tua. Restu ini penting lo. Dengan meminta restu, orang tua pasti akan ikut mendoakan agar kamu bisa memperoleh hasil ujian yang maksimal.

Nah, berbagai saran tadi bisa membuatmu lebih siap menghadapi UAS. Mulai sekarang jangan cuma "sedia payung sebelum hujan", kamu juga wajib "perbanyak belajar sebelum ujian" supaya bisa lancar ketika mengerjakan soal. Kalau hasil ujianmu bagus, berlibur pun akan terasa menyenangkan.

(Yunior Suara Merdeka Cetak 20150503)
Share this article :
+
Previous
This is the oldest page